-Lanjutan Part 1-

3. Kasih Diskon atau Hadiah

Tips
yang ketiga adalah kasih diskon atau kasih free/hadiah setiap pembelian produk.
Ini yang masih gue lakuin sampe sekarang. Gue selalu ngasih free setiap pembelian produk di
toko gue tanpa ada minimum pembelian. Tapi kalo kalian mau ngasih free dengan minimum
pembelian juga boleh kok. Bebas..
Ini
tips yang sangat ampuh dan sangat sangat berdampak positif buat rating toko. Oh iya ada satu hal yang harus diperhatiin
dan diinget yaitu kasih free/hadiah yang sewajarnya aja ya, jangan sampe
barang free yang kita kasih melebihi harga produk yang kita jual. Kalo kaya
gitu nanti malah toko kita yang rugi dong wkwk. Terus pinter-pinter aja milih
hadiah yang sesuai. Biar pembeli seneng belanja di toko kita.
Untuk diskon, kalo gue biasanya tiap bulan selalu ngasih diskon. Ini
juga bebas sih mau ngasih diskon/promo seberapa sering. Yang pasti pembeli
bakalan tergiur banget sama yang namanya diskon. Ya iyalah, siapa sih yang
ngga ngiler ngeliat barang diskon? Sama aja kaya kita kan kalo liat barang
diskon tuh bawaannya mau ngeborong aja wkwk.
4. Fast Respon

Tips yang terakhir adalah harus fast respon. Kalo ada pembeli
yang chat buat nanya-nanya, sebaiknya langsung dibales, jangan nanti-nanti. Terus
yang ngga kalah penting adalah bales chat dengan menggunakan bahasa yang sopan
dan harus ramah sama pembeli. Yah, kalo pembelinya bawel gimana? Ya
harus tetep dibales dengan ramah dong. Pokoknya jangan sampe ngeluarin
kata-kata yang ga bagus dan menyinggung pembeli. Siapa tau dengan ramahnya kita
sama pembeli, yang tadinya cuma mau beli 1 produk eh berubah pikiran jadi beli
3 produk karna yang punya toko ramah pas ditanya-tanya. Iyakan?😄
Terus ya, kalau
misalnya kalian
ngerasa kok tokonya sepi ya? Kok pembelinya berkurang yaa? Ga sebanyak bulan-bulan sebelumnya. Coba
dievaluasi lagi, kira-kira apa yang perlu diperbaiki. Mungkin
foto produknya perlu diganti sama yang lebih bagus lagi, atau coba ngadain diskonan atau mungkin harus nambah
produk baru atau mungkin harus diperbaiki cara ngerespon chat pembeli.
Tapi terlepas dari itu
semua, yang namanya berdagang/berbisnis kan ga melulu rame yaa, kadang ada
sepinya juga. Jadi jangan langsung ga semangat ya cuma karena pembeli di toko
kita berkurang! Tenang aja, semua ada solusinya. Pokoknya rajin-rajin aja mengevaluasi
aja apa yang menurut kalian masih kurang optimal. Ok?
Baiklah, sekian dulu
cerita dan tipsnya untuk kali ini..
Semoga bermanfaat buat
kalian, yaa!
Bye,
wassalamualaikum👋
No comments:
Post a Comment